Menu

HIMIKA SSG Sabet Juara 1 Nursing Festival International Nurses Day 2016 Yogyakarta



(Malioboro, 15/05/2016) Telah dilaksanakan acara puncak peringatan International Nurses Day 2016. Adapun agenda ini dilaksanakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta. Dalam rentetan agendaya terdapat beberapa agenda diantaranya donor darah, pelayanan kesehatan, lomba mading, lomba fotografi, lomba akustik, dan “Nursing Festival”. Diantara beberapa agenda tersebut, HIMIKA SSG turut andil didalamnya, meskipun belum berkesempatan menyabet juara lomba-lomba lainnya, namun pada kesempatan kali ini HIMIKA SSG berkesempatan menyabet juara 1 Nursing Festival International Nurses Day. Berkat antusias dan semangat yang totalitas dari mahasiswa keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta dalam rangka memperingati International Nurses Day 2016. Pada lomba “Nursing Festival” kali ini HIMIKA STIKes Surya Global mendapatkan tema umum dari panitia yaitu tentang “Keperawatan Jiwa”. melalui berbagai diskusi ide-ide kreatif, maka HIMIKA SSG sepakat mengusung tema "Indonesia Bebas Pasung".
(Menurut Tri Hayuning Tyas, Ahli Psikolog) Diperkirakan jumlah penderita gangguan jiwa di Indonesia mencapai sekitar 57 ribu orang, dimana seperlimanya masih dipasung. Di Indonesia sebenarnya sudah dicanangkan bebas pasung bagi penderita gangguan jiwa sejak tahun 2010. Tetapi realitanya hingga saat ini masih banyak diantara penderita dengan gangguan jiwa dipasung/dirantai oleh keluarga, hal ini dikarenakan masih minimnya tingkat pemahaman keluarga tentang apa yang sebaiknya mereka lakukan terhadap keluarganya yang mengalami gangguan jiwa. sehingga menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan terhadap yang bersangkutan (read:anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa) hingga pada akhirnya keluarga lebih memilih untuk memasung/merantai mereka.
Melihat fenomena yang memprihatinkan itulah, maka HIMIKA berinisiatif untuk mengusung tema tersebut "Indonesia Bebas Pasung". Dimana tujuan dari HIMIKA mengusung tema tersebut adalah untuk menyadarkan kepada masyarakat bahwa orang dengan gangguan jiwa masih memiliki hak untuk diperlakukan dengan layak, penuh perhatian, dukungan, juga kasih sayang dari keluarga dan masyarakat. Hal ini sangat penting untuk mempercepat kesembuhan pasien dengan gangguan jiwa itu sendiri, selain dengan pengobatan medis tentunya. Dengan begitu, harapannya masyarakat dengan anggota keluarga yang memiliki gangguan jiwa dapat membuka mata dan tersadar sehingga bisa memberikan perawatan yang layak kepada anggota keluarga mereka masing-masing yang mengalami keterbatasan mental (read: gaagguaan jiwa).
Tujuan utama HIMIKA berpartisipasi dalam peringatan International Nurses Day adalah mengkampanyekan dan mengajak masyarakat membuka mata tentang pentingnya kepedulian terhadap penderita gangguaan jiwa. Namun, Alhamdulillah dari harapan utama tersebut HIMIKA SSG mendapatkan bonus penghargaan dari dewan juri untuk menyabet juara 1 dalam agenda Nursing Festifal, IND Yogyakarta 2016. Hal ini berkat partisipasi aktif dari mahasiswa Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta yang telah bergabung dalam event ini.
Kami dari segenap keluarga besar HIMIKA STIKes Surya Global Yogyakarta mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah turut andil berpartisipasi dan menyemarakkan agenda ini, khususnya kepada seluruh peserta dengan segala loyalitasnya juga kepada seluruh panitia International Nurses Day, semoga International Nurses Day selanjutnya semakin sukses.
(HM, Jurnalis HIMIKA)


5 komentar:

  1. Alhamdulillah... Jaya slalu himika ssg...

    BalasHapus
  2. good Job..!
    terimakasih untuk partisipasi aktif semua kawan-kawan PSIK SSG

    BuuuuuuuuuL...!

    BalasHapus
  3. HIMIKAselalu Luar biasa..joss

    BalasHapus