PENDAFTARAN KELAS SEKOLAH RISET DI BUKA !



            Pengetahuan, kemampuan dan keahlian merupakan modal utama dalam dunia keperawatan untuk memberikan perawatan terbaik kepada klien. Kemampuan yang harus dimiliki seorang perawat bukan hanya kemampuan teori maupun praktik saja, akan tetapi kedua ketrampilan tersebut harus dimiliki secara seimbang dan menyeluruh. Hal ini bertujuan agar dalam penerapannya, perawat dapat berkembang, tidak hanya menjadi perawat dengan skill sempurna akan tetapi juga menjadi perawat dengan sejuta pengetahuan serta mampu menjalankan ketujuh perannya sebagai perawat. Di zaman modernisasi seperti saat ini begitu banyak perawat yang bekerja di rumah sakit, klinik, praktik mandiri, maupun menjadi dosen keperawatan, namun diantara berbagai macam tempat bekerja, sangat minim lulusan mahasiswa keperawatan yang mau berkecimpung di dalam dunia penelitian. Hal ini sangat disayangkan karena dalam memberikan tindakan keperawatan, peran perawat sebagai peneliti dan pemberharu yang akan berperan penting dalam  melakukan riset dan menciptakan Evidence Based Nursing sebagai landasan tindakan keperawatan. Untuk membantu mengembangkan peran dan keterampilan perawat sebagai peneliti , maka pengetahuan, keterampilan dan motivasi calon perawat profesional harus diasah sejak dalam bangku perkuliahan. Perlu adanya sebuah wadah bagi mahasiswa untuk menambah wawasan trend topik penelitian dalam dunia keperawatan, meng-upgrade pengetahuan, kemampuan dan menjadi bahan motivasi serta evaluasi kemampuan dan keahlian penelitian yang telah dimiliki.
Mahasiswa keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta memiliki pemikiran kritis dan ide-ide brilian dalam inovasi pengembangan pengetahuan dan penelitian keperawatan, namun belum adanya wadah untuk mengasah kemampuan penelitian ataupun riset mahasiswa keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta menyebabkan potensi mahasiswa keperawatan tidak terasah dengan baik dan tidak berkembang sebagaimana mestinya. Berdasarkan hal tersebutlah yang mendasari diadakannya suatu kegiatan yang dikemas dalam “Sekolah Riset HIMIKA”.
Adapun tujuan dari Sekolah Riset HIMIKA yaitu :
1.      Mahasiswa keperawatan mampu berfikir ilmiah dan memiliki keterampilan riset yang baik
2.      Mahasiswa dapat meng-upgrade pengetahuan dalam profesi keperawatan melalui riset dan penelitian.
3.      Mahasiswa keperawatan dapat membuat essai, karya tulis ilmiah dan proposal penelitian
4.      Setelah diadakan sekolah riset, mahasiswa keperawatan dapat mengikuti perlombaan dalam bidang ke-ilmiahan.

Adapun Kelas Sekolah Riset HIMIKA yaitu :
·         Kelas Essai dan Karya Tulis Ilmiah :
-          Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan semester 1-8 STIKes Surya Global Yogyakarta.
·         Kelas Proposal Penelitian :
-          Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan sekurang-kurangnya berada di semester 4 STIKes Surya Global Yogyakarta.

Download Lampiran di bawah ini :
·         Syarat, ketentuan dan formulir

·         Materi Kelas Essai dan KTI

·         Materi Kelas Proposal Penelitian

·        Jadwal Tanggal Pertemuan Kelas Essai & KTI dan Proposal Penelitian

·         Jadwal Malam Bimbingan Kelas Essai & KTI

·        Jadwal Malam Bimbingan Kelas Proposal Penelitian

Komentar