Pandemi Corona, Mahasiswa ngapain?



Virus Corona atau COVID-19, kasusnya dimulai dengan pneumonia atau radang paru-paru misterius pada Desember 2019. Kasus ini diduga berkaitan dengan pasar hewan Huanan di Wuhan yang menjual berbagai jenis daging binatang, termasuk yang tidak biasa dikonsumsi, misal ular, kelelawar, dan berbagai jenis tikus.

 Kasus infeksi pneumonia misterius ini memang banyak ditemukan di pasar hewan tersebut. Virus Corona atau COVID-19 diduga dibawa kelelawar dan hewan lain yang dimakan manusia hingga terjadi penularan. Coronavirus sebetulnya tidak asing dalam dunia kesehatan hewan, tapi hanya beberapa jenis yang mampu menginfeksi manusia hingga menjadi penyakit radang paru.

Pandemi atau epidemi global mengindikasikan infeksi COVID-19 yang sangat cepat hingga hampir tak ada negara atau wilayah di dunia yang absen dari virus Corona. Peningkatan jumlah kasus terjadi dalam waktu singkat hingga butuh penanganan secepatnya. Sayangnya, hingga kini belum ada obat spesifik untuk menangani kasus infeksi virus Corona atau COVID-19. Desinfeksi adalah proses menghilangkan sebagian besar atau semua mikroorganisme patogen (kecuali spora bakteri) yang terdapat di permukaan benda mati. Desinfeksi dilakukan terhadap permukaan (lantai,  dinding,  dan peralatan lain), ruangan dan pakaian. Centers for Deases Control and Prevention CDC (RI 2012)

Peran dan kontribusi pemuda dapat dibagi menjadi 3 peran yaitu secara induvidu berdasarkan teori dari Maslow yaitu fisiologi,  rasa aman,  sosial,  penghargaan dan aktualisasi diri. Contohnya bangun kebih pagi,  olahraga, ibadah, bejemur, mengedukasi melalui sosial media,  dll.  Selain peran secara induvidu juga bisa dengan menjadi relawan covid-19 dengan keuntungan bisa mendapatkan informasi lebih lengkap, mengaplikasikan ilmu sebagai tenaga kesehatan, dan bersosialisasi dengan relawan lain. Tentu peran kita di masyarakat contohnya sosialisasi PHBS, aktifkan sistem keamanan warga, sterilisasi fasilitas umum secara berkala, membuat sistem informasi kesehatan 2arga,  dll. 


#HIMIKA
#HIMIKASSG
#HIMIKAInspiratif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Perwakilan HIMIKA SSG Berhasil Meraih Juara 1 KTI dan Poster Ilmiah di PILKETNAS Tanjung Pura

Open Recruitment Futsal Klub

STANDAR DIANGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA