Menu

Manfaat Berorganisasi


Assalamalaikum wr. Wb.
Apa kabar himikers? Baik ya tentunya.

Kali ini HIMIKA mau share materi yang udah di sampaikan oleh Sekjend HIMIKA orientasi keprodian di STIKes Surya Global Yogyakarta. Sebelumnya mohon maaf kalau di slide powerpoint nya gak banyak teks. Orangnya lebih banyak ngomong langsung buat jelasin materi yang ada.
Supaya himikers gak bingung-bingung banget tentang penjelasannya berikut beberapa rangkuman yang bias di sharekan.



Kesuksesan merupakan impian banyak orang. Namun terkadang kebanyakan orang mendefinisikan sukses pada apa yang telah dimiliki, dikuasai, diperoleh, dan lainnya. Namun sebenarnya tahukah anda poin terpenting dalam kesuksesan adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang dalam meraihnya. Secara sederhana sukses adalah bagaimana kita keluar dari comfort zone kita dan mencoba menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sehingga, poin utama adalah apa yang kita lakukan agar kita tidak menjalani segala sesuatu yang sifatnya rutinitas saja. Jika ingin sukses jangan menjadi seseorang yang diatur oleh dunia, melainkan orang yang mampu mengatur dunia. Yah, kira-kira begitu salah satu poin dalam pendahuluan pada materi ini.

Beberapa unsur yang menentukan kesuksesan diantaranya adalah:
1.      Pandangan Hidup,
Yakni cara pandang kita mengenai kehidupan, cara menempatkan diri dalam kehidupan, dan cara kita untuk menghargai kehidupan yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa. Jika seseorang mampu menghargai waktu dalam kehidupan yang diberikan oleh tuhan, tentu orang tersebut akan mengupayakan hal terbaik yang dapat dilakukannya dalam hidup ini.
Adanya target yang baik dalam kehidupan dan upaya untuk mewujudkannya adalah awal adanya niat untuk menjadi sukses.

2.      Keahlian,
Keahlian adalah hal yang sangat penting untuk meraih kesuksesan. Karena tidak ada kesuksesan yang diperoleh secara instan dengan begitu saja. Namun, jika tidak punya keahlian bagaimana nih?

3.      Hubungan Antar Manusia,
Penjelasannya singkat, tidak ada orang yang sukses hanya sendirian. Pasti seseorang dapat sukses karena ada orang lain. Jika sukses itu membutuhkan orang lain, maka semakin banyak relasi yang kita miliki akan semakin besar pula peluang kita untuk sukses.

Nah bagaimanakah cara mendapatkan Hubungan antar manusia, menambah relasi, menambah keahlian, dan mendapatkan berbagai pengalaman?

Salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan berorganisasi. Mengapa?
Karena ada banyak hal yang dapat kita lakukan dalam berorganisasi.
Karena banyak manfaat dalam berorganisasi. Yah, selama organisasinya bersifat positif dan membangun.

Manfaat berorganisasi:
1.      Menambah teman, pengalaman, belajar berorganisasi, mengisi waktu.
2.      Memberi manfaat sebanyak-banyaknya manfaat bagi orang lain dan lingkungan.
3.      Optimalisasi masa studi
Pendidikan S1 ditempuh rata-rata selama 4 Tahun. Sayang sekali kan jika dalam waktu selama itu anda hanya menghabiskan waktu hanya untuk kuliah, tidur di kos, dan jalan-jalan saja. Apalagi menggunakan waktu yang ada untuk aktivitas yang negatif.
Nah, ketika bergabung di organisasi aka nada banyak hal yang dapat menyibukkan waktu-waktu luang yang ada. Sehingga selama 4 di jogja aka nada banyak pengalaman.
4.      Mengubah cara berpikir
Fokus kuliah adalah alasan utama menjadi mahasiswa ideal yang selalu berteman dengan buku. Namun, seiring banyaknya teman yang dapat bertukar pikiran dan sharing pengalaman. Anda akan memiliki pemikiran yang lebih luas. Tidak percaya? Silahkan membuktikan.
5.      Eksis di berbagai kegiatan
Kalau yang ini jangan ditanya deh. Anak organisasi pasti akan eksis di berbagai kegiatan baik di kampus, antar kampus, maupun agenda nasional. Salah satu contohnya, yang ngasih materi ini nih. Meskipun baru sedikit tapi ada deh eksisnya.

“Job, skills, attitude, experience”
Berbagai hal ini akan kita dapatkan dalam berorganisasi. Dari job yang akan memberi anda pengalaman berorganisasi, bekerja di dalam tim, dll. Skill yang akan bertambah sesuai dengan agenda yang diikuti secara aktif di dalam organisasi yang bersangkutan.
Attitude yang keren sehingga membuat kita terlihat “Syyanntikk”. Yakni sikap yang baik dimana kita bias memposisikan diri secara baik dalam berbagai moment. Syantikk tidak hanya dinilai dari apa yang bias dilihat dari anda. Namun bagaimana pembawaan dan penempatan diri ketika berada dalam berbagai forum. Bagaimana bersikap dengan yang lebih tua, lebih muda, atasan, bawahan, dan lai-lainya. Hal-hal tersebut akan anda dapatkan ketika berorganisasi.
Experience. Pengalaman yang lebih banyak sudah pasti akan didapatkan sast berorganisasi.

Berorganisasi itu….
-          Memperluas Jaringan
-          Putting Theory into practice
-          Mengasah soft skills
-          Peduli terhadap lingkungan
-          Mewadahi minat, dan mempertajam bakat
-          Bisa mempertemukan kita dengan jodoh juga lho..


Begitulah rangkuman dari materi yang disampaikan oleh sekjend HIMIKA STIKes Surya Global Yogyakarta pada orientasi mahsiswa ilmu ilmu Keperawatan.
Semoga berfanfaat.

Untuk mendownload file powrpoint silahkan klik link di bawah ini.



3 komentar: