“Penyerahan Mahasiswa MOPK S1 Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global periode 2016”




          Masa Orientasi Praktik Klinik atau yang lebih dikenal dengan sebutan “MOPK” telah tiba. Setelah melewati sekian banyak syarat-syarat supaya bisa mengikuti agenda rutin ini. Akhirnya, pada hari ini (18/01/16) sebagian besar dari kami (mahasiswa semester 3 dan 5 yang mengikuti MOPK) TELAH melaksanakan proses penyerahan praktek secara seremonial dari pihak kampus ke pihak Rumah sakit.
         
          Untuk tempat penempatan (read: rumah sakit) MOPK mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global tidak hanya di lakukan di daerah Yogyakarta saja. Melainkan disebar ke berbagai daerah di Jawa. Adapun tempat MOPK di Jawa meliputi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (RSP AU Dr.Hardjolukito Yogyakarta), Jawa Tengah (RST Magelang, RSUD Temanggung, RSU Permata Bunda Purwodadi, RSUD Dr.R.Soetrasno Rembang, RSUD Dr.R.Setijono Blora, RSUD Dr.R.Soeprapto Cepu) dan Jawa Timur (RSUD Caruban Kab.Madiun, RSUD Sogaten Kota Madiun, RSUD Dr.R.Hardjono Ponorogo, RSUD Dr.Soedomo Trenggalek, RSUD Mardi Waluyo Blitar, RS NU Tuban.

          Sebelum dilakukannya proses penyerahan. Sebagian besar dari kami dibekali materi dan pelatihan singkat mengenai PPI (Pencegahan dan Penanggulangan Infeksi) dari pihak PPI rumah sakit masing-masing terlebih dahulu. Adapun materi PPI meliputi 6 langkah benar cuci tangan dan moment yang tepat untuk melakukan cuci tangan, penggunaan APD (Alat Pelindung Diri), dan Etika Batuk yang benar. Ketiga materi tersebut sebenarnya sudah kami dapatkan di kampus sebelumnya. Sehingga, ketika dari pihak Rumah Sakit menyampaikan meteri dan juga prakteknya, tidaklah memakan waktu yang lama. Karena kami sudah dibekali sebelumnya. “Mungkin kalian sudah di ajari oleh kampus sebelum berangkat kesini kan? Ya, disini saya hanya ingin mempersamakan persepsi baik secara teori atau prakteknya dengan kondisi rumah sakit disini” kata Bapak penyampai materi dari pihak rumah sakit sebelum menyampaikan materi. Beliau juga memberikan apresiasi kepada kami. Karena ketika diminta untuk mempraktekkan PPI kami sudah bisa mempraktekannya. Saya bangga, berarti kalian sudah benar-benar siap untuk praktek” (Ungkap Beliau)

          Disana kami juga melaksanakan prosesi seremonial penyerahan praktikan. Dari kampus dihadiri oleh perwakilan dari Ka. Prodi S1 Ilmu Keperawatan SSG (yang diamanahi mewakili di masing-masing rumah sakit yang kami tempati untuk praktek). Dan dari pihak rumah sakit sendiri dihadiri oleh Kepala rumah sakit atau yang mewakili, bagian diklat dan beberapa CI ruangan.
         
          Proses penyerahan berjalan dengan lancar. Dalam sambutannya. Bagian perwakilan dari Ka. Prodi S1 Ilmu Keperawatan SSG menyampaikan tujuan dan maksud dari MOPK tahun ini serta ucapan terimakasih atas kesediaan rumah sakit yang bersedia menerima mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan SSG untuk melaksanakan praktek. “Semoga MOU (relasi kerja sama) ini tetap terjaga dengan baik. saya mohon maaf apabila dari mahasiswa kami melakukan hal-hal yang kurang baik. kami mohon untuk di maafkan dan bimbingannya” (Ucap beliau di akhir sambutannya yang sekaligus menjadi penutup acara pada pagi hari tadi). Yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan juga dari pihak rumah sakit yang sekaligus membuka/meresmikan penerimaan praktikan Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta.
         
          Ketika acara seremonial sudah di tutup. Semua mahasiswa diminta untuk mengikuti CI-nya masing untuk perkenalan ruangan lingkungan rumah sakit. Dan selanjutnya kami dibagikan jadwal shift masing-masing, yang kemudian kami melaksanakannya sesuai degas jadwal masing-masing. (AR & HM; Jurnalis HIMIKA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Perwakilan HIMIKA SSG Berhasil Meraih Juara 1 KTI dan Poster Ilmiah di PILKETNAS Tanjung Pura

Open Recruitment Futsal Klub

STANDAR DIANGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA