Menu

Pekan Imunisasi Nasional (PIN)


Pekan Imunisasi Nasional (PIN) adalah Pekan dimana setiap balita termasuk bayi baru lahir yang bertempat tinggal di Indonesia diimunisasi dengan vaksin polio, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya. Pemberian imunisasi dilakukan 2 kali masing-masing 2 tetes dengan selang waktu satu bulan. Pemberian imunisasi polio secara serentak terhadap semua sasaran akan mempercepat pemutusan siklus kehidupan virus polio liar.
PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio, meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio, dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

Penyakit Polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis penyakit polio diderita anak dibawah umur 15 tahun dengan lumpuh layu akut. Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. Kelumpuhan dimulai dengan gejala demam,nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. kemudian bisa terjadi karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak ditangani segera.
Berdasarkan Analisa para ahli didapat data yang menunjukkan cakupan imunisasi Polio dosis ke empat nasional telah melebihi 90% namun tidak merata diseluruh provinsi dan Kabupaten/Kota. Dengan demikian para ahli merekomendasikan agar dilaksanakan PIN Polio dengan sasaran balita (anak usia 0-59 bulan) untuk memberikan perlindungan optimal bagi seluruh anak terhadap virus polio.
Sebagai Mahasiswa keperawatan apakah yang bisa kita lakukan dalam mendukung suksesnya PIN 2016 ini?
Peran perawat meliputi promotof, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Mahasiswa keperawatan dapat mendukung suksesnya PIN dengan upaya-upaya promotive dan preventif. Salah satu hal sederhana yang dapat kita lakukan dalam hal ini adalah membagikan berbagai pesan dan pstingan melalui sosial media yang berisi ajakan dan dukungan demi tercapainya PIN. Dengan demikian diharapkan akan semakin banyak pihak yang mengetahui apa itu PIN, tujan, dan manfaat yang dapat diperoleh dengan mensukseskan program tersebut.
Dengan tersebar luasnya informasi dari berbagai media yang kita gunakan, diharapkan akan semakin banyak pula pihak yang merubah paradigm dan meningkatkan antusias untuk menggapai berbagai sarana kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Jadi, mari dukung dan sukseskan Pekan Imunisasi Nasional 2016 agar Indonesia lebih baik.

Source:
https://id.wikipedia.org/
dinkes.magelangkab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar