PERJALANAN DELEGASI

Mahasiswa mempunyai peranan penting sebagai pembuat semua perubahan di masyarakat. Mahasiswa merupakan motor penggerak perubahan dari suatu sistem yang ada. Mahasiswa dianggap sebagai pemegang posisi strategis untuk bergerak dan mengkontrol semua perubahan kebijakan-kebijakan dengan bermodalkan skill, etika, kritis dalam berpikir dan intelektual yang tinggi. Mahasiswa juga merupakan agen of change masa depan. Dengan visinya dalam koridor moral intelektual, mahasiswa punya peran untuk membawa perubahan bagi bangsa kearah yang lebih baik. Mahasiswa siap menjadi apa saja untuk memperjuangkan suatu tatanan kehidupan yang ideal. Mahasiswa membawa perubahanperubahan yang membangun serta mampu menanamkan nilai-nilai positif terhadap masyarakat.

ILMIKI merupakan wahana yang membantu dalam proses perubahan masyarakat yang menaungi mahasiswa keperawatan S1 se-Indonesia. Tak hanya itu, ILMIKI memiliki peranan penting untuk ikut andil dalam perubahan kesejahteraan kesehatan Indonesia. Dalam kesempatan tersebut ILMIKI memiliki beberapa agenda yang dapat mencetak generasi bangsa melalui bidang keperawatan. Oleh karena itu, pentingnya pendelegasian anggota himpunan mahasiswa keperawatan dalam kontribusi nyata ini.

            Berikut adalah beberapa agenda yang telah HIMIKA STIKes Surya Global selama satu periode 2019-2020 

1. Prakongres


        Pra Kongres ILMIKI merupakan permusyawaratan antar anggota ILMIKI wilayah IV untuk membahas tujuan, gerak langkah, dan strategi pencapaian tujuan yang akan dibawa oleh ILMIKI wilayah IV dalam angenda nasional yakni KONGRES Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI).

2.      Kongres
        Kongres ILMIKI merupakan bagian krusial dalam organisasi ILMIKI yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh perwakilan masing-masing perguruan tinggi anggota ILMIKI. Keikutsertaan ini adalah wujud dari sebuah komitmen mahasiswa keperawatan Indonesia untuk duduk bersama menyumbangkan buah pikirannya dan membahas mengenai pembaharuan yang diperlukan oleh ILMIKI demi mencapai bentuk ideal dari sebuah organisasi yang menaungi seluruh mahasiswa keperawatan se-Indonesia.


3. Muswil
        Musyawarah Wilayah merupakan salah satu agenda penyampaian laporan pertanggungjawaban Koordinator wilayah IV ILMIKI serta pembahasan mengenai arah pergerakan mahasiswa keperawatan di wilayah IV Jateng-DIY.


4. Rakernas
        Rapat Kerja Nasional X ILMIKI yang merupakan bagian krusial dalam organisasi ILMIKI yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh perwakilan masingmasing perguruan tinggi anggota ILMIKI dari wilayah I s.d VII. Keikutsertaan ini adalah wujud dari sebuah komitmen mahasiswa keperawatan Indonesia untuk duduk bersama menyumbangkan buah pikirannya. membahas mengenai pembaharuan yang diperlukan oleh ILMIKI dan menentukan akan menjadi bagaimana organisasi ini di masa depan. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan aplikasi nyata dalam membuktikan bahwa mahasiswa mampu melakukan suatu pengambilan keputusan untuk mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan organisasi dan profesi.


5. Rakerwil
        Melalui Rapat Kerja Wilayah IV Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia merupakan bagian krusial dalam organisasi ILMIKI yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh perwakilan masing masing perguruan tinggi anggota ILMIKI dari wilayah IV.


6. Lokarnas 
       Lokakarya Nasional diselenggarakan untuk mencetak kader baru dari mahasiswa keperawatan untuk meneruskan para kader sebelumnya. Dalam hal ini pentingnya lokarkarya untuk memberikan kontribusi lebih kepada ILMIKI untuk menjadi lebih baik lagi.


7. Sidang Tahunan
        Sidang tahunan ILMIKI merupakan bagian krusial dalam organisasi ILMIKI yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan diikuti oleh perwakilan masing-masing perguruan tinggi anggota ILMIKI untuk membahas tujuan, gerak langkah, dan strategi pencapaian tujuan yang akan dibawa oleh ILMIKI wilayah IV dalam angenda nasional yakni KONGRES Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia.


 

        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Perwakilan HIMIKA SSG Berhasil Meraih Juara 1 KTI dan Poster Ilmiah di PILKETNAS Tanjung Pura

Open Recruitment Futsal Klub

STANDAR DIANGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA