Menu

Pelatihan Pemenuhan Kebutuhan Cairan dan Elektrolit HIMIKA periode 2015-2016




Bantul (18/10), Dirjen Pendidikan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA) Stikes Surya Global Yogyakarta telah mengadakan pelatihan pemenuhan cairan dan elektrolit di Aula 3 kampus Stikes Surya Global.. Kegiatan seperti ini memang sangatlah mendukung untuk diadakan karena sebagai perawat harus mengetahui bagaimana mengangani pasien yang susah minum obat, kemudian melakukan penanganannya dengan cara injeksi, juga agar dapat mengetahui prosedur-prosedur injeksi dengan benar sehingga dapat mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan yang berakibat fatal pada pasien (medical error). Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui kondisi dan konsep pemenuhan cairan dan elektrolit, serta agar dapat mengaplikasikannya sesuai SOP yang benar.


Pada agenda ini, paitia lebih memprioritaskan peserta dari mahasiswa semester tiga dan semester lima STIKes Surya Global sendiri, hal ini dikarenakan mahasiswa semester tiga dan lima tersebutlah yang telah mendapatkan pelajaran anatomi fisiologi, sehingga memudahkan mereka untuk melakukan suatu injeksi/infus. Selain itu, juga karena mahasiswa semester tiga dan semester lima yang natinya akan melaksanakan praktik klinik (MOPK), jadi agenda inilah yang dirasa dapat meningkatkan skill mereka sebelumnya agar lebih matang dan lebih manta lagi saat dipraktekkan saat masa praktek klinik.

Sejumlah 38 peserta mengikuti kegiatan dengan cukup antusias. Kegiatan pelatihan pemenuhan cairan dan elektrolit ini dimulai dari peserta registrasi ulang, kemudian acara pembukaan, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPNI, dilajutkan sambutan-sambutan (Dari Sekjend HIMIKA (yang diwakili oleh Dirjend PR HIMIKA), Pemateri, Kemahasiswaan dan Kaprodi), setelah itu peserta mendapat materi tentang bagaimana melakukan sebuah injeksi  dari Ibu Rohayati Masitoh (perawat di RSUD.Panembahan Senopati Batul Yogyakarta), dilanjutkan pembagian dua kelompok dan langsung simulasi injeksi yang diinstrukturi oleh Bapak Aris dan Ibu Sriyatun (salah satu instruktur keperawatan di Stikes Surya Global). 

Dari kegiatan ini, Fauziyah mahasiswa semester 1 sebagai ketua panitia kegiatan ini berharap peserta dapat lebih mendalami ilmu karena acara ini sebagai bekal pada saat praktik di rumah sakit nantinya. “Harapan saya peserta mampu mengetahui lebih dalam, selain mendapatkan ilmu dari kampus, mereka bisa lebih mendalami, dan  juga bekal bagi semester tiga dan lima untuk praktik di Rumah sakit nanti”, tuturnya ketika ditemui diruang kesekretariatan HIMIKA.

Kegitan tan ini merupakan program ke_2 dari proker dirjen P3SDM. Panitia sengaja dipilih dari anggota baru dirjen P3SDM sebagai bentuk pengkaderan, tetapi semester tiga dan lima tetap andil bekerjasama dalam kegiatan “Ibaratnya seperti regulasi, jadi pengkaderan untuk P3SDM memberi tahu bagaimana melakukan sebuah acara. Harapan saya dari pihak panitia sendiri lebih bisa mempersiapkan dengan matang, menjaga komunikasi dan koordinasi anggota” Ujar Dwi Kurniasih sebagai wadirjen P3SDM ketika diwawancarai.

2 komentar: