Menu

Inovasi Bra Aromaterapi Karya Mahasiswa STIKes Surya Global Raih Juara 2 LKTI Nasional

Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia, berdasarkan Pusdatin Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 menyatakan bahwa prevalensi penyakit kanker payudara di Indonesia sebesar 0,5%, dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan prevalensi tertinggi penderita kanker payudara yaitu sebesar 2,4%. Walaupun banyak variasi penatalaksanaan medis yang dapat dilakukan, ternyata penderita kanker payudara masih memiliki berbagai keluhan yang mengganggu psikososial dan spiritualnya sehingga dapat membuat kualitas hidup penderita kanker payudara  menurun, seperti adanya benjolan dan keluarnya cairan tidak sedap (Nipple Discharge).
Rifqi Alifa Bestari (kiri) Alfi 'Atiyatul Mubasyiroh (tengah) Dwi Kurniasih (kanan) juara 2 lomba LKTI Nasional
Hal tersebut membuat 3 mahasiswa Keperawatan STIKes Surya Global Yogyakarta: Dwi Kurniaish, Rifqi Alifa Bestari dan Alfi ‘Atiyatul Mubasyiroh berinisiatif untuk membuat suatu gagasan inovasi tentang inovasi bra aromaterapi yang dapat menyerap nipple discharge pada penderita kanker payudara yang diberi nama Ipad Mini, dan dapat digunakan sebagai media perawatan paliatif untuk mencegah terjadinya gangguan citra tubuh pada penderita.
“Ipad Mini sebagai inovasi bra ini memiliki 2 bagian yaitu Multifunction Breast Holder dan Disposable Insertion Pad. Dimana Bra tersebut berbahan utama mikrofiber yang mengandung anti bakteria dan dapat menyerap 8x lebih banyak dari kain biasa serta menggunakan  tali fleksibel untuk mengatur kekencangan bra sesuai kenyamanan penderita, kemudian  pad sekali pakai berfungsi sebagai aromaterapi yang nanti akan disisipkan lewat kantong yang terdapat pada Bra sehingga dapat membuat penderita lebih rileks dan menyamarkan bau dari nipple discharge” Ujar Alfi, Sabtu (19/11)
Dari gagasan inovasi tersebut, kemudian diikusertakan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Hilarius 2016 yang diadakan oleh Himika FK UGM. Setelah melalui berbagai proses penyeleksian dan presentasi di final lomba pada hari Jumat (18/11) di Gedung Paleoantropologi FK UGM. Akhirnya diumumkan juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tersebut pada sabtu (19/11) di Auditorium Gedung Ismangoen PSIK UGM dan delegasi Stikes Surya Global mendapatkan gelar juara II, dengan Juara 1 diraih oleh UGM dan Juara III Oleh Unissula.
“Dari KTI yang kami buat ini, kami akan mencoba untuk terus menyempurnakannya sehingga dapat benar-benar diimplementasikan  pada penderita kanker payudara dan dapat menjadi salah satu media untuk meningkatkan kualitas hidup bagi penderita” ujar Ifa, Sabtu (19/11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar