NURSING CAMP WILAYAH IV ILMIKI 2018


Nursing camp wilayah IV ilmiki merupakan suatu agenda wajib ilmiki yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Dengan tujuan untuk mencetak kader-kader  pemimpin yang inspirator, inovatif, Kompetitif,  inisiator, beretika baik dan bertanggung jawab ditingkat wilayah maupun nasional. Selain itu, guna menghasilkan kader-kader penerus yang sangat dibutuhkan oleh ILMIKI ditingkat Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang berkompeten, berbudi luhur terhadap program pembangunan pada umumnya dan pembangunan bidang kesehatan pada khususnya maka perlu sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing. 

*Delegasi HIMIKA STIKes Surya Global
            Kegiatan nursing camp pada tahun ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Keperawatan STIKES Kusuma Husada Surakarta yang bertemakan “ Internalisasi Visi Ilmiki Dalam Membentuk Generasi Yang Mandiri , Inovatif, Dan Kompetitif “. Kegiatan nursing camp wilayah IV ilmiki yang  berlangsung kurang lebih  3 hari 4 malam yang memang pada saat itu semua peserta dituntut untuk harus selalu  disiplin mengikuti agenda demi agenda yang telah ditentukan. Dari mulai pagi peserta bangun tidur sampai kembali malam untuk peserta istirahat. Pada saat itu memang saat-saat yang cukup melelahkan, tapi juga sangat berkesan. Karena Lelah kami terbayarkan dengan banyaknya ilmu bermanfaat yang bisa kami peroleh, tidak hanya ilmu sja yang kami dapatkan dari kegiatan nursing camp ini tapi juga pengalaman, teman baru, dan keseruan-keseruan lainnya yang tidak akan bisa diperoleh di luar organisasi.
            Kegiatan ini dimulai pada hari Kamis 25 Oktober 2018, diawali dengan penjemputan peserta untuk menuju ke kampus Stikes Kusuma Husada Surakarta sesampai di kampus peserta melakukan registrasi ulang dan beristirahat di kampus. Kemudian dilanjutkan dengan bermalam di kampus Stikes Kusuma Husada sampai dengan paginya semua peserta dikondisikan untuk berangkat ke tempat nursing camp yaitu di Resort Tawangmangu. Kurang lebih 2 jam perjalanan menuju lokasi camping. Begitu  sampai di lokasi, peserta kembali dikondisikan untuk mengikuti upacara pembukaaan nursing camp wilayah IV ilmiki. Setelah upacara pembukaan nursing camp, dilanutkan dengan penyampaian materi pertama yaitu pengenalan perdirektorat jendral oleh pengurus harian wilayah dengan sistem kelompok. Kemudian dilanutkan dengan istirahat dan penyampaian materi selanutnya.
            Di hari kedua peserta mulai dibangunkan pukul 4.30 untuk persiapan sholat, ishoma dan senam pagi Bersama. Kemudian dilanjutkan dengan sarapan Bersama-sama peserta dan phw, mencuci alat makan bersama. Setelah makan bersama semua peserta segera di kondisikan kembali untuk mengikuti kegiatan yaitu penyampaian materi satu ke materi yang lain yang kemudian di lanjutkan dengan istirahat peserta, dan persiapan untuk kegiatan selanjutnya.
            Pada hari ke tiga hari Sabtu 27 Oktober 2018 peserta dibangungkan pukul 04.30 WIB
untuk shalat subuh dan senam pagi, Setelah itu acara dilanjutkan penyampaian materi ke
empat sampai ke tujuh. Disela-sela materi akan diberikan selingan Game dari panitia.
Setelah selesai menyampaikan materi ke tujuh,
kemudian di lanjutkan dengan acara ramah tamah antar mahasiswa, sharing antar institusi dan berujung pada acara malam puncak nursing camp 2018 dengan acara api unggun bersama. Malam puncak ini sangat berkesan bagi peserta karena, pada malam puncak ini lah semua peserta bisa mengeluarkan bakat bakat mereka seperti bernyanyi, berpuisi, dance bahkan bermain peran layaknya di drama – drama. Dan di acara api unggun ini menjadi malam yang tak terlupakan untuk kami peserta nursing camp ilmiki wilayah IV 2018. Setelah malam puncak api unggun selesai peserta kembali di mobilisasi oleh panitia untuk segera beristirahat dan kemudian menyiapkan stamina untuk kembali mengikuti kegiatan di pagi harinya.
            Hari ke empat nursing camp ilmiki wilayah IV, peserta segera di mobilisasi untuk mengikuti senam pagi, yang dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama- sama. Banyak canda tawa dan kelucuan kelucuan yang menjadikan suasana pagi di lereng gunung lawu ini semakin hangat dan akrab. Setelah acara makan bersama selesai peserta melanjutkan kegiatan yaitu mengikuti outbond bersama, diamana outbond ini menambah keakraban dan kekompakan setiap tim satu dengan tim yang lainnya. Kegiatan outbond inipun selain menciptakan keseruan keseruan tapi juga banyak diambil manfaatnya, karena setiap permainan yang di pilihkan panitia untuk setiap kelompok peserta terdapat makna dan dampak positif yang bisa diambil. Kegiatan outbond ini melatih peserta untuk kompak, sabar dan berpikir kritis, yang tentunya itu akan  sangat berkesan dan bermanfaat bagi peserta.
            Setelah mengikuti outbond, peserta di mobilisasi kembali untuk segera bersih bersih dan membereskan semua barang bawaan masing – masing, karena setelah itu akan diadakan upacara penutupan agenda nursing camp ilmiki wilayah IV sekaligus pemberian kenang – kenagan kepada setiap institusi yang bergabung di ILMIKI wilayah IV dan pemberian hadiah kepada kelompok terbaik, peserta terbaik dan peserta teraktif. Setelah bersih bersih selesai semua peserta berkumpul bersama di halaman untuk mengikuti upacara penutupan. Kemudian panitia pun mulai membongkar tenda tenda yang kemarin di gunakan untuk istirahat pesrta.
            Upacara penutupan agenda nursing camp ilmiki wilayah IV berlangsung dengan hikmat dan lancar, meski disertai dengan sedikit rasa kesedihan karena akan  berpisah dengan teman teman ilmiki, dan rasa haru, tapi upacara tetap berlangsung dengan hikmat. Setelah upcara selesai peserta masih berkumpul untuk kemudian menuggu di antarkan ke terminal atau stasiun oleh panitia. Disinilah agenda nursing camp benar benar selesai setelah semua peserta sudah meninggalkan lereng gunung lawu yang memberikan banyak kesan dan makna yang kemudian kembali ke masing masing institusi.
            Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, karena pada dasarnya tujuan seseorang bertemu adalah untuk berpisah. Itulah yang kami alami sebagai peserta nursing camp ilmiki, banyak sekali yang kita dapatkan dari kegiatan ini.  Seperti Sahabat sahabat baru, ilmu baru, pengalaman baru, dan tentunya kenangan kenangan yang tak terlupakan. Nursing camp ini sangat berkesan bagi kami, dari awal kedatangan hingga akhir acara selesai banyak hal positif dan hal baru yang kedepannaya bisa membantu kita untuk meraih mimpi mimpi. Intinya NURSING CAMP ILMIKI WILAYAH IV 2018 WOW!!!!.


*Seluruh Delegasi Mahasiswa Ilmu Keperawatan Wilayah 4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Perwakilan HIMIKA SSG Berhasil Meraih Juara 1 KTI dan Poster Ilmiah di PILKETNAS Tanjung Pura

Open Recruitment Futsal Klub

STANDAR DIANGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA