PRA KONGRES DAN DISKUSI PUBLIK ILMIKI WILAYAH IV 2019 Universitas Pekalongan


Pra kongres dan diskusi publik  ILMIKI merupakan salah satu agenda wajib yang diadakan setiap dua tahun sekali sebelum pelaksanaan kongres ILMIKI. Tujuan diadakannya prakongres ILMIKI wilayah IV adalah untuk menyiapkan usulan perubahan AD/ART dan GBHO yang akan diajukan di Kongres Nasional ILMIKI 2019, untuk menyiapkan calon sekjen ILMIKI dari wilayah IV. sebagai sarana menjalin tali silaturahmi mahasiswa keperawatan se-Jawa tengah dan D.I Yogyakarta. Dan juga Sebagai  wahana  untuk  membangun  kepekaan  mahasiswa  keperawatan  Indonesia terhadap masalah profesi perawat di Indonesia. Pra kongres dan diskusi publik ILMIKI dilaksanakan di kota pekalongan di universitas pekalongan (UNIKAL) dengan tema “Satukan Aspirasi Galih Solusi Guna Ciptakan ILMIKI Berdedikasi”
Delegasi HIMIKA Stikes Surya Global Yogyakarta : Hidayatul Uma, Sudarmono, Sipa Maulani, Ayu Larasati, Ainur Rofiq

Kegiatan Pra Kongres ILMIKI wilayah IV yang berlangsung kurang lebih selama 3 hari 2 malam ini merupakan hari yang cukup melelahkan, membahagiakan dan masih berbagai macam ekspresi yang dirasakan, serta menguras pikiran peserta demi pembaharuan yang diperlukan di ILMIKI untuk dibawa ke kongres ILMIKI yang akan disahkan atau tidaknya pembaharuan tersebut.
          Opening ceremony kegiatan ini di mulai pada hari jumat tanggal 19 juli 2019 pukul 15.30 WIB yang di buka oleh pembawa acara. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PPNI, Mars Hima Unikal. Acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan oleh ketua pelaksana, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Unikal, Koordinator ILMIKI wilayah IV, Dekan Fakultas ilmu Kesehatan Unikal, dilanjutkan dengan pembukaan acara secara simbolis dengan pemukulan gong. Dilanjut pembacaan rangkaian kegiatan Pra Kongres ILMIKI wilayah IV 2019, perkenalan delegasi dari masing-masing institusi yang hadir, brainstorming perkembangan ILMIKI, penampilan video kepanitiaan dan penampilan teater, kemudian penutupan dan istirahat. Setelah selesai istirahat sholat dan makan sampai habis isya peserta di mobilisasi keruang diskusi di gedung C lantai 3, untuk melaksanakan diskusi publik yang membahas tentang Uji kompetensi sebagai Ekxit exam. Diskusi publik berjalan lancar dengan peserta yang saling aktif mengungkaokan pendapat setiap kelompoknya, sampai tak terasa waktu berlalu karena keseruan peserta berdiskusi, sampai pada pukul 22.30 dikusi selesai. Kemudian panitia mengarahkan peserta untuk segera beristirahat dan menyiapkan stamina untuk kegiatan selanjutnya di hari esok.
          Di hari kedua tanggal 20 Juli 2019 kami mengikuti seminar di gedung C lantai 3 kampus Unikal, seminar berlangsung dengan lancar dan di awal pembukaan peserta di berikan persembahan – persembahan yang tak kalah seru dengan diskusi publik semalam. Seminar keperawtan nasional ini membahas tentang “ Tepatkah Pengimplementasian Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) Sebagai Exit Exam” yang disampaikan oleh pemateri pemateri yang sudah ahli di bidangnya. Kemudian di akhir seminar di umumkan untuk 3 juara pemenang lomba essay yang diselenggarakan di kampus Unikal. Selanjutnya setelah acara seminar berlangsung peserta di mobilisasikan untuk istirahat, sholat dan makan kemudian kembali berkumpul di gedung C lantai 3 untuk melanjutkan acara pembahasan tata tertib dan dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART.
          Masih di hari kedua kegiatan pra konres ILMIKI wilayah IV, pada malam harinya tepatnya setelah habis isya kami melanjutkan pembahasan AD/ART dengan memilih siapa yang akan menjadi presidium tetap pada sidang pembahasan AD/ART. Setelah dilakukan diskusi pada calon calon presidium tetap, ditetapkan untuk presidium 1 atas nama saudara Sudarmono dari Stikes Surya Global, presidium 2 atas nama saudari May dari Universitas Aisyah Yogyakarta, dan presidium 3 atas nama saudari laras dari UGM. dengan resminya 3 presidium maka acara di lanjutkan dengan saran perubahan AD/ART untuk persiapan kongres yang akan dilaksanakan di Unjani pada 2019, pada kesempatan kali mahasiswa diperkenankan untuk memberikan argument inovatifnya untuk perubahan pada ILMIKI kedepannya.
          Pada hari ke tiga hari terakhir tanggal 21 juli 2019 kegiatan pra kongres ILMIKI wilayah IV. Pagi harinya  Peserta kembali di mobilisasi oleh panitia untuk mengikuti kegiatan pelyanan kesehatan di lapangan mataram yaitu membuka cek gila darah asam urat, tensi darah dan berat badan secara geratis untuk sipa saja. Setelah selesai acara pelayanan kesehatan di lanjutkan dengan closing ceremony di gedung C lantai 3 kampus Unikal. Acara penutupan kegiatan berlangsung khidmat dengan resminya kegiatan pra kongres di tutup dan ada acara penyampaikan pesan dan kesan dari perwakilan peserta dan perwakilan pengurus harian wilayah 4 selama melakukan kegiatan 3 hari 2 malam di universitas pekalongan. Setelah acara penyampaian kesan dan pesan dialnjutkan dengan pembetian kenag kenangan pada setiap institusi dan acara perpisahan menyanyi bersama sama dengan semua peserta, phw dan juga panitia. Dan tidak lupa berfoto bersam semua peserta dan phw ILMIKI wilayah 4.


          Peserta, pengurus harian wilayah dan pantia pra kongres ILMIKI wilayah 4                 

Setelah acara penutupan selesai peserta kembali di mobilisai untuk mengikutu agenda terakhit yaitu city tour atau kunjungan ke museum batik pekalongan. Di museum batik pekalongan kami di bimbing dengan pemandu dari museum batik itu sendiri dengan beliau memperkenalkan asal usul cirak batik dan lainy. Di museum batik kami juga semopat di ajarakan untuk membuat batik atau mencorak batik. Setelah selesai mengelilingi museum batik dengan seru, selanjutnya pengantaran peserta yang trsansportasinya menggunakn kereta diantarkan oleh panitia menuju ke stasiun dan yang menggunakan kendaraan bus, diantarkan oleh panitia menuju terminal. Di situlah kami peserta prakongres dan phw resmi berpisah setelah city tour selesai. Banyak kenangan dan pelajaran bermanfaat yang kami dapatkan di pra kongres dari situlah kami bisa menyimpulkan bahwa waktu biarlah berlalu tapi kenangan kita bersama akan terjaga selalu.


Peserta, phw pra kongres ILMIKI wilayah 4 di depan museum batik pekalongan.




Hidayatul Uma


 WaDirjen Public Relation

         



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Perwakilan HIMIKA SSG Berhasil Meraih Juara 1 KTI dan Poster Ilmiah di PILKETNAS Tanjung Pura

Open Recruitment Futsal Klub

STANDAR DIANGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA