Menu

Tim Askep Keperawatan UNDIP Juara I Askep Competition 2010 di STIKES Surya Global Yogyakarta

Setelah sukses menjadi juara I Nasional lomba asuhan keperawatan (Nursing Care Plan) pada tahun 2009 di STIKES SURYA GLOBAL (SSG) Yogyakarta, di penghujung tahun 2010 ini mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (PSIK FK UNDIP) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan menjadi Juara I di kompetisi yang sama dan di tempat yang sama pula. Dengan kata lain, PSIK FK UNDIP menjadi Juara I dua kali berturut-turut (tahun 2009 dan 2010) dalam event ASKEP Competition (Asuhan Keperawatan).
ASKEP Competition 2010 diselenggarakan pada tanggal 17-18 Desember 2010 dalam event the Student Superior of Nursing (TS2N) yang diselenggarakan oleh HIMIKA STIKES Surya Global Yogyakarta dengan mengangkat tema Children Safety about Mental Health by Nursing Care. Dalam kompetisi ini PSIK FK UNDIP berpartisipasi dengan mengirim 2 tim yang masing-masing beranggotakan tiga orang dari mahasiswa angkatan 2007.
Setelah mengikuti perjuangan selama dua hari pada tanggal 17 Desember 2010 dengan membuat ASKEP berdasar kasus yang diberikan pada hari yang sama selama tiga jam, dilanjutkan dengan presentasi atas Askep yang telah dikumpulkan pada 18 Desember 2010, tim PSIK kembali membuktikan diri sebagi tim tangguh dalam kompetisi ini. Bersaing dengan tim-tim institusi lain seperti UNSOED Purwokerto, STIKES Ahmad Yani Yogyakarta, STIKES Alma Ata Yogyakarta, STIKES An Nur Purwodadi, STIKES Surya Global, dan tim-tim lainnya, tim PSIK UNDIP tampil percaya diri untuk memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama almamater.
Berdasarkan hasil penilaian para juri dari PPNI DIY, UGM, UMY dan STIKES Surya Global, tim PSIK UNDIP yang menyebut dirinya tim ELVIDI sukses mengantongi nilai tertinggi karena berhasil mengkombinasikan Evidance Based Practice ke dalam intervensi keperawatan yang mereka buat. Hal inilah yang membuat mereka memenangkan kompetisi Asuhan keperawatan tahun ini. “Kami ingin membuat askep yang berbeda, dan kami bersyukur kali ini masih diberikan kesempatan menjadi juaranya, tetap semangat dan ceria.” Demikian disampaikan oleh para juara dari tim Askep Competition PSIK FK UNDIP yang dimotori Dinny Atin amanah, Mar’atush Sholihah dan Novita Nirmalasari. Sementara itu tim PSIK UNDIP satunya lagi harus puas di posisi empat dibawah UNSOED dan STIKES Surya Global yang menempati posisi 2 dan 3.
Atas keberhasilan ini tim PSIK UNDIP kembali berhak untuk mendapatkan tropi dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta beserta piagam dan uang pembinaan. Penyerahan penghargaan kepada ketiga mahasiswa PSIK UNDIP ini dilakukan langsung oleh Prof. Achir Yani S.Hamid MN, DNSc, mantan ketua PPNI sekaligus guru besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia yang hadir sebagai pembicara dalam acara seminar nasional dalam rangkaian acara ASKEP Competition ini pada hari Minggu (19/12/2010).
Prestasi ini tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi tim dan PSIK UNDIP untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran dalam menyusun asuhan keperawatan bagi klien secara komprehensif, dan PSIK UNDIP melalui mahasiswanya telah membuktikan itu.
Selamat untuk para juara dan Jayalah PSIK FK UNDIP.

Sumber: http://regional.kompasiana.com/2010/12/21/tim-askep-keperawatan-undip-juara-i-askep-competition-2010-di-stikes-surya-global-yogyakarta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar