Menu

G_NIUS TEAM - Basic Life Support Training

BASIC LIFE SUPPORT TRAINING
“Selangkah Lebih Maju Bersama G_NIUS Team”

    Alhamdulillah puji syukur yang Maha Kuasa HIMIKA STIKes Surya Global Yogyakarta telah selesai melaksanakan kegiatan Basic Life Support Training yang diselenggarakan oleh Global Humanity Nursing Student Team (G_NIUS Team). Acara ini diselenggarakan pada tanggal 16, November 2014 bertempat di Aula 3 Stikes Surya Global Yogyakarta.
    Mengapa sih perlu diadakan kegiatan Basic Life Support Training ini? Tentu saja hal ini penting, dikarenakan dengan semakin berkembangnya ilmu serta model keperawatan dalam bidang kesehatan ini kita tidak hanya dituntut untuk terampil dalam ilmu teori saja, akan tetapi harus benar-benar menguasai kedua-duanya baik praktek keperawatan  maupun teori keperawatan, dari sinilah kami dari HIMIKA Stikes Surya Global Yogyakarta membentuk sebuah tim kesehatan (TIMKES) yang baru saja  diresmikan pada tanggal 14 Januari 2014 kemarin. Kemudian dengan bangga Global Humanity Nursing Student Team (G_NIUS Team) mempersembahkan kegiatan perdananya yakni, Kegiatan Basic Life Support Training. Dengan mengambil tema “ Selangkah Lebih Maju Bersama G_NIUS Team” Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 1, 3 dan 5 dengan total peserta sebanyak 50 peserta . Basic Life Support Training ini juga merupakan sebagai gerbang awal dari para peserta untuk menjadi bagian dari G_NIUS Team. Masih ada banyak kegiatan kedepan yang akan diselenggarkan oleh G_NIUS Team dalam menyeleksi dan merekrut anggota-anggotanya, sebelum benar-benar resmi menjadi anggota maupun pengurus dari G_NIUS Team.            
     Acaranya sendiri berjalan dengan sukses dan lancar dengan peserta yang sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Dalam acara Basic Life Support Training kali ini ada 4 pemateri yang mengisi. yang pertama materi disampaikan oleh : Ns. Arif Adi Setiawan S, Kep, C.PT , beliau menyampaikan materi mengenai Basic Life Support Training kemudian materi kedua oleh Dedep Nugraha S.Kep, Ns materi yang disampaikan adalah mengenai TRIAGE-GCS-EVAKUASI. Materi yang ketiga disampaikan oleh Taufik Isnanto S.Kep mengenai pembalutan dan pembidaian dan pemateri terakhir adalah dari Puji Rahmawati , seorang mahasiswi SSG semester 7 dengan materinya Vital Sign.
    Setelah semua pemateri memberikan materinya kemudian acara dilanjutkan dengan pelatihan dan simulasi secara langsung . Para peserta dibimbing langsung oleh tangan-tangan kreatif dan terampil dari para anggota G_NIUS Team dalam penguasaan materi dan simulasi. Mulai dari Vital Sign, TRIAGE-GCS-EVALUASI, Pembalutan dan Pembidaian . Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok besar dan dari tiap kelompok besar tersebut dibagi lagi menjadi 2 kelompok kecil. Dari tiap kelompok tersebut diberikan contoh kasus dan mereka harus menyelesaikannya dengan baik dan mempraktikkan bagaimana cara pertolongan pertama dalam kegawatdaruratan yang perlu dilakukan pada saat berhadapan dengan korban seperti pada contoh kasus yang telah disediakan.
    Diharapkan dengan dilakukannya pelatihan dan simulasi Basic Life Support Training ini para peserta menjadi lebih terampil, tanggap darurat, siap sedia dan mampu membantu masyarakat dilingkungan mereka, baik dalam menangani pertolongan pertama pada kasus sederhana ataupun manajemen pertolongan pertama pada korban bencana secara masal. Mampu menyeleksi dan memprioritaskan tingkat kedaruratan manakah yang perlu didahulukan dalam tindakan keperawatan sehingga dapat segera ditolong dan mengurangi resiko luka yang lebih parah ataupun bahkan menimbulkan kematian dikarenakan kesalahan dalam penanganan dan keterlambatan penanganan. 
 *********************************************************************************

DOKUMENTASI



-Rabu 19 November 2014





































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar