Menu

Kastrad Training (KATRING)



Bidang kesehatan mulai mengadopsi konsep advokasi ketika WHO pada tahun 1994 merumuskannya sebagai salah strategi promosi kesehatan. Pada rumusan tersebut terdapat 3 strategi pokok,yaitu : 
1). Advocacy
2). Social support
3). Empowerment. 
Advokasi bertujuan untuk menciptakan dukungan terhadap hal yang diinginkan atau perubahan dari suatu kebijakan yang telah atau akan dibuat. Prinsipnya, advokasi adalah salah satu cara untuk mencapai suatu visi. Dalam praktiknya, kajian akan menjadi peluru dan tindakan advokasi adalah senjatanya. Sehingga kita tidak dapat memisahkan antara kedua hal tersebut. Istilah kajian menjadi populer beberapa tahun belakangan dengan adanya sebuah bidang bernama kajian strategis (kastrat). Kajian adalah hasil dari mengkaji, sedangkan mengkaji memiliki arti sebagai kegiatan belajar; mempelajari; memeriksa; menyelidiki; memikirkan (mempertimbangkan); menguji; menelaah; baik buruk suatu perkara. Kajian yang dihasilkan nantinya berfungsi sebagai bahan advokasi.
Dalam Himika sendiri, kita menggunakan istilah KASTRAD yakni berarti Kajian Strategi dan Advokasi, yang merupakan salah satu bagian dari kedirjenan Himika Bersatu. Salah satu contoh kerja nyatanya adalah menegakkan kedisiplinan kepada para mahasiswa untuk dapat mentaati tata tertib yang telah ditetapkan kampus.
Beberapa waktu yang lalu Himika telah selesai melaksanakan kegiatan KATRING (Kastrad Training ) pada hari minggu, tanggal 02 November 2014 bertempat di Aula 3 STIKes Surya Global Yogyakarta. Dengan tema “Mahasiswa Cerdas itu Kritis, Aktif, dan Inovatif”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak dan membantu mahasiswa agar mau berpikir aktif dan dinamis guna mengembangkan pola pikir terhadap segala masalah, dan perubahan mengenai hal-hal yang berkaitan bidang Keperawatan, mengkritisi setiap problema yang ada, baik di intern kampus ataupun di ekstern kampus Stikes Surya Global itu sendiri. Dalam kegiatan tersebut Himika mendatangkan seorang pemateri dari UNSOED yakni mas Arif Eko Yuniawan S.Kep.,Ners yang merupakan Kastrad ILMIKI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia).
Acara ini berlangsung kondusif dan lancar, dengan peserta sebanyak 25 peserta yang dibagi kedalam 5 kelompok. Kelompok ditugaskan untuk menganalisa kasus dan memberikan jawaban mulai dari proses Identifikasi masalah, Intervensi, Implementasi dan Evaluasi. Kemudian, tugas dari setiap kelompok adalah mempresentasikan hasil diskusi mereka untuk ditanggapi oleh kelompok lain dan pemateri.
Tidak hanya berdiskusi, acara lain yang tidak kalah seru adalah penanyangan video, foto-foto serta penayangan lagu-lagu pergerakan yang nyata terjadi di Indonesia. Dimana hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat mahasiswa untuk dapat terus termotivasi menjadi mahasiswa yang kritis, aktif dan inovatif. video ini ditampilkan disela-sela materi dari mas Arif Eko Yuniawan S.Kep,Ners,. tidak hanya itu, beliau memberikan game dan senam pemanasan pocki-pocki, seluruh peserta dan panitia sangat antusias untuk mengikutinya. 
Akhirnya, acara ditutup dengan terbentuknya sebuah forum KASTRAD, yang akan dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan Sarasehan pada bulan Desember ini.
Diharapkan setelah kegiatan ini seluruh mahasiswa dapat memahami dan mampu mengaplikasikan berbagai ilmu baru yang telah didapat untuk menjadi mahasiswa yang cerdas, kritis, aktif dan inovatif dalam menghadapi setiap problema dan isu-isu di lingkungan kampus Stikes Surya Global Yokyakarta khususnya dan dalam bidan keperawatan.  
*===============================================================* 

*) Dokumentasi



-Senin 03 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar