Sekolah Advokasi KASTRAD, tema: “Satukan Aspirasi Bergerak Untuk Aksi Nyata”



HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan) STIKes Surya Global, Dirjend Kastrad (Direktorat Jendral Kajian Strategi dan Advokat) telah mengadakan Sekolah Advokasi di Aula Wisma, Sabtu (5/10/2019). Tema acara ini adalah “Satukan Aspirasi Bergerak Untuk Aksi Nyata” yang diadakan setiap satu kali periode. Tujuannya untuk membuka pikiran kritis mahasiswa, agar kepekaan mahasiswa muncul dalam segala ketidakadilan yang di alami seseorang dan mampu memenajemen isu yang ada.
            Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan dipandu oleh Siti Masruroh sebagai pembawa acara, selanjutnya di isi oleh pemateri Ardhian Indra Darmawan, S.Kep.,Ns. yang membawakan materi tentang “Public Speaking”. Pembelajarannya dimana sebagai  mahasiswa harus bisa kompetensi dalam komunikasi baik itu lisan maupun tulisan dan teknik dalam berbicara dan mendengar merupakan syarat bagi kesuksesan, baik untuk kesuksesan personal maupuun professional. Keahlian komunikasi itu penting dalam mendapatkan apupun mempertahankan posisi jabatan atau pekerjaan dan juga dalam berorganisasi. Materi kedua yaitu “Manajemen Isu dan Advokasi” yang di bawakan oleh pemateri Shahib Anshari Muhajir menjelaskan bagaimana cara menejemen isu yang ada sehingga bisa tersampaikan dan mengadvokasikannya kepada pihak-pihak yang memang bertanggung jawab atas isu tersebut.
Setelah pemateri selesai kemudian dilanjutkan role play yang di pandu oleh pengurus Kastrad dan didampingi oleh pengurus Himika. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Masing masing kelompok diberi 1 kasus isu Kekerasan Perawat dan bagaimana cara menejemen isu tersebut dan mengadvokasikannya. Kemudian hasil diskusi perkelompok di presentasikan dan kelompok yang lain menanggapi. Kemudian setelah role play selesai diambil alih kembali oleh MC dan acara pun ditutup maka Sekolah Advokasi selesai.

Penulis

Fatehah


#SekolahAdvokasiKASTRAD
#HIMIKASSG
#HIMIKAInspiratif




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tim Perwakilan HIMIKA SSG Berhasil Meraih Juara 1 KTI dan Poster Ilmiah di PILKETNAS Tanjung Pura

Open Recruitment Futsal Klub

STANDAR DIANGNOSIS KEPERAWATAN INDONESIA