Sekolah Advokasi "Generasi Millenial Penggores Pena Perubahan"


HIMIKA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan) STIKes Surya Global, Dirjend Kastrad (Direktorat Jendral Kajian Strategi dan Advokat) telah mengadakan Sekolah Advokasi di Aula Wisma, Minggu (25/11/2018). Tema acara ini adalah “Generasi Millenial Penggores Pena Perubahan” yang diadakan setiap satu kali periode. Tujuannya untuk membuka pikiran kritis mahasiswa, agar kepekaan mahasiswa muncul dalam segala ketidakadilan yang di alami seseorang dan mampu memenejemen isu yang ada.
            Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan dipandu oleh Mila Raniah Salma sebagai pembawa acara, selanjutnya di isi oleh pemateri Dwi Kurniasih, S.Kep (alumni HIMIKA) yang membawakan materi tentang “Public Speaking”. Pembelajarannya dimana sebagai  mahasiswa harus bisa kompetensi dalam komunikasi baik itu lisan maupun tulisan dan teknik dalam berbicara dan mendengar merupakan syarat bagi kesuksesan, baik untuk kesuksesan personal maupuun professional. Keahlian komunikasi itu penting dalam mendapatkan mapupun mempertahankan posisi jabatan atau pekerjaan dan juga dalam berorganisasi. Materi kedua yaitu “Manajemen Isu dan Advokasi” yang di bawakan oleh pemateri Miski Fahmiatul Masruroh, S.Kep.,Ns. Mba Miski menjelaskan bagaimana cara menejemen isu yang ada sehingga bisa tersampaikan dan mengadvokasikannya kepada pihak-pihak yang memang bertanggung jawab atas isu tersebut.
            Setelah pemateri selesai kemudian dilanjutkan role play yang di pandu oleh Pengurus Kastrad dan didampingi oleh pengurus Himika. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Masing masing kelompok diberi 1 kasus isu internal kampus dan bagaimana cara menejemen isu tersebut dan mengadvokasikannya. Kemudian hasil diskusi perkelompok di presentasikan dan kelompok yang lain menanggapi. Kemudian setelah role play selesai diambil alih kembali oleh MC dan acarapun ditutup maka Sekolah Advokasi selesai.

Komentar